Pages

Ads 468x60px

Sabtu, 01 Desember 2012

Bye..Bye.. Stress!


         Masalah lagi, masalah lagi..Kenapa ya masalah harus ada di dunia ini?! Rasanya stress dan capek banget ketemu masalah dan ngga bisa-bisa nyelesainnya. Belum selesai masalah A, masalah B danyang lain sudah timbul dan bikin kita tambah stress. Seperti salah satu gambar di Goggle yang bertuliskan, “Two times I feel stress: Day and Night”. Waahh, rasanya emang jarang ya ada hari tanpa masalah..dan stress!

Hmm..,Jadinya beban hidup rasanya -seperti- ngga habis-habis! Dunia juga terasa sesak banget, kita juga jadi super sensitif sama diri sendiri dan orang di sekitar kita. Disenggol dikit sama orang rasanya pengen jitak orang itu! Orangtua atau keluarga rasanya, ihh… nyebelin banget and ngga bisa ngertiin kita. Dan sampai satu titik,  kita jadi kepingin lari sejauh-jauhnya untuk ngehindari semua itu?  Kalo kamu lagi merasa begitu, maka trik ini pas banget nih buat kamu, yuk read it slow.. :

1.      Buka mata dan hadapi!
Kebanyakkan dari kita, makin stress karena ngga mau buka mata dan ngehadapi ‘pertempuran’ dengan masalah kita sendiri. Ntah karena takut, lelah, atau karena ngerasa ngga bisa nyari solusi. Waduh! Stop yuk bersikap begitu, karena ibarat sampah yang ditumpuk, makin lama makin bau dan kotor. Naah..masalah yang ngga dicari solusinya akan ngotori pikiran dan jiwa kamu! Kelamaan stress karena masalah, hanya akan ngehambat kamu mengenal sisi dunia yang lain loh!Coz..Actually,“Trouble is my friends”..

2.      Buat skala prioritas dari aktivitas harianmu.
Karena pingin dibilang “g40el”, kamu jadi gampang aja ngegeser jadwal ngerjain tugasmu buat ikutan teman nonton bioskop atau sekedar nongkrong di kafe ‘Sepel’ sampai malam (even, udah tahu, kalo besok kudu sekolah). Padahal tugas sekolah numpuk kayak cucian yang ngga disetrika seminggu.  Nahh..ini nih yang biasanya jadi awal mula stress, karena ngga punya skala prioritas, jadi gampang banget kebawa ke aktifitas yang jauuuh lebih ngga penting. So..Let’s start manage u’r schedule, ya..!

3.      Don’t procrastinate! 

Jangan ditunda meluluuuu…Duh, ini penyakit banget. Karena kalo udah kebiasaan nunda, semua rasanya ngga akan pernah lengkap tanpa ditunda, hehehe. Misal. belajar buat UN atau SNMPTN baru H-3, minta maaf ke sobat yang ngambek sama kita pun juga ditunda. “Ah masih ada besok..” Adalah kalimat andalan dari si penunda. Hmm.. bahaya loh sebenarnya, karena akan bikin tugas kita numpuk, dimarahin ortu, sampe nilai ‘terjun payung’ karena persiapan ujian tak sesempurna harapan. Jadi.. Do It Now or Stress Tomorrow!

4.      Relaksasi atau refreshing.
Walau ngga mutlak harus berlibur, tapi refreshing perlu banget loh buat kamu. Misalnya, coba baca cerpen or novel di taman, mushalla dan mesjid besar di kotamu. Yang penting cari suasana baru dan tempat yang pas untuk ngebangun lagi kedekatan dengan Allah SWT dan ketenangan jiwa kamu. Jika sulit kemana-mana, cukup jauhkan buku-buku soal atau lupain masalah sesaat. Kemudian, tilawah Qur’an, atau nonton DVD yang belum sempat ditonton. Or sekedar ngobrol sama ortu atau teman juga bisa jadi ajang refreshing dan relaksasi, sob. 

5.      Ngobrol sama guru BK, konselor sekolah atau konselor kampus.
Saat sedang stress biasanya kita butuh tempat berbagi, kan?. Tentu bukan sekedar berbagi, tapi juga nyari solusi. Seringnya sama teman kan malah ngga dapat solusi atau ngerasa disalahin. Jadii.. guru BK atau konselor bisa tuh jadi pilihan untuk berbagi masalahmu dan minta tips ngilangin strees-nya. Jangan buru-buru kepingin bunuh diri, tapi coba ‘ngadu’ dulu ke konselor sekolah atau psikolog yang pas di hati. Betul..betul?!

6.      Merapat lagi ke sisi Sang Pemilik Hati.
Masa penuh gejolak dan stress adalah bagian dari masa remaja, kata para ahli psikologi remaja . Dan salah satu tempat gejolak ini berasal, yaitu hati. Dan pemilik setiap hati kita adalah Allah SWT, so… tenangkan hati kita lewat doa dan ibadah yang khusyu’. Seperti yang dengan lembut Allah SWT bilang pada kita di surat Az Zumar  23: “..kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah.” So.. Walau kamu AGJ (Anak Gaul Jakarta) tapi urusan ini ngga akan lepas dari Sang Pemilik Hati, right?

0 komen-komenya please :):

Posting Komentar